Sabtu, 26 Februari 2011

Pengenalan Ekonomi

Ekonomi
Definisi ekonomi
Merupakan satu ilmu yang mengkaji tingkah laku manusia secara individu dan secara berkelompok menggunakan sumber ekonomi atau faktor-faktor pengeluaran yang terhadap untuk mengeluarkan barang dan perkhidmatan bagi memenuhi kehendak manusia yg tdk terbatas.
Masalah pokok ekonomi
Berdasarkan pada keterbatasan pada sumber daya yang ada maka manusia harus memilih barang-barang mana yang perlu dihasilkan agar mendapatkan hasil kepuasan yang maksimum. Karenanya, timbullah 3 masalah-masalah pokok ekonomi berikut ini:
1. Barang dan jasa apa yang akan dihasilkan (what).
2. Bagaimana barang dan jasa itu dihasilkan (how).
3. Untuk siapa barang dan jasa itu dihasilkan (for whom).
Sistem perkonomian
sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut. Perbedaan mendasar antara sebuah sistem ekonomi dengan sistem ekonomi lainnya adalah bagaimana cara sistem itu mengat faktor produksi. Dalam beberapa sistem, seorang individu boleh memiliki semua faktor produksi. Sementara dalam sistem lainnya, semua faktor tersebut di pegang olehpemerintah. Kebanyakan sistem ekonomi di dunia berada di antara dua sistem ekstrim tersebut.
Pengertian/Arti Definisi Permintaan dan Penawaran
Permintaan adalah sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu. Sedangkan pengertian penawaran adalah sejumlah barang yang dijual atau ditawarkan pada suatu harga dan waktu tertentu.
Hukum Permintaan dan Hukum Penawaran
Jika harga semakin murah maka permintaan atau pembeli akan semakin banyak dan sebaliknya. Jika harga semakin rendah/murah maka penawaran akan semakin sedikit dan sebaliknya.
Semua terjadi karena semua ingin mencari kepuasan (keuntungan) sebesar-besarnya dari harga yang ada. Apabila harga terlalu tinggi maka pembeli mungkin akan membeli sedikit karena uang yang dimiliki terbatas, namun bagi penjual dengan tingginya harga ia akan mencoba memperbanyak barang yang dijual atau diproduksi agar keuntungan yang didapat semakin besar. Harga yang tinggi juga bisa menyebabkan konsumen/pembeli akan mencari produk lain sebagai pengganti barang yang harganya mahal.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Permintaan (Demand)
1. Perilaku konsumen / selera konsumen
Saat ini handphone blackberry sedang trend dan banyak yang beli, tetapi beberapa tahun mendatang mungkin blackberry sudah dianggap kuno.
2. Ketersediaan dan harga barang sejenis pengganti dan pelengkap
Jika roti tawar tidak ada atau harganya sangat mahal maka meises, selai dan margarin akan turun permintaannya.
3. Pendapatan/penghasilan konsumen
Orang yang punya gaji dan tunjangan besar dia dapat membeli banyak barang yang dia inginkan, tetapi jika pendapatannya rendah maka seseorang mungkin akan mengirit pemakaian barang yang dibelinya agar jarang beli.
4. Perkiraan harga di masa depan
Barang yang harganya diperkirakan akan naik, maka orang akan menimbun atau membeli ketika harganya masih rendah misalnya seperti bbm/bensin.
5. Banyaknya/intensitas kebutuhan konsumen
Ketika flu burung dan flu babi sedang menggila, produk masker pelindung akan sangat laris. Pada bulan puasa (ramadhan) permintaan belewah, timun suri, cincau, sirup, es batu, kurma, dan lain sebagainya akan sangat tinggi dibandingkan bulan lainnya.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Penawaran (Suply)
1. Biaya produksi dan teknologi yang digunakan
Jika biaya pembuatan/produksi suatu produk sangat tinggi maka produsen akan membuat produk lebih sedikit dengan harga jual yang mahal karena takut tidak mampu bersaing dengan produk sejenis dan produk tidak laku terjual. Dengan adanya teknologi canggih bisa menyebabkan pemangkasan biaya produksi sehingga memicu penurunan harga.
2. Tujuan Perusahaan
Perusahaan yang bertujuan mencari keuntungan sebesar-besarnya (profit oriented) akan menjual produknya dengan marjin keuntungan yang besar sehingga harga jual jadi tinggi. Jika perusahaan ingin produknya laris dan menguasai pasar maka perusahaan menetapkan harga yang rendah dengan tingkat keuntungan yang rendah sehingga harga jual akan rendah untuk menarik minat konsumen.
3. Pajak
Pajak yang naik akan menyebabkan harga jual jadi lebih tinggi sehingga perusahan menawarkan lebih sedikit produk akibat permintaan konsumen yang turun.
4. Ketersediaan dan harga barang pengganti/pelengkap
Jika ada produk pesaing sejenis di pasar dengan harga yang murah maka konsumen akan ada yang beralih ke produk yang lebih murah sehingga terjadi penurunan permintaan, akhirnya penawaran pun dikurangi.
5. Prediksi / perkiraan harga di masa depan
Ketika harga jual akan naik di masa mendatang perusahaan akan mempersiapkan diri dengan memperbanyak output produksi dengan harapan bisa menawarkan/menjual lebih banyak ketika harga naik akibat berbagai faktor.
Metode Penetapan Harga Berbasis Permintaan
Metode Penetapan Harga Berbasis Permintaan adalah suatu metode yang menekankan pada faktor-faktor yang mempengaruhi selera dan preferansi pelanggan dari pada faktor-faktor seperti biaya, laba, dan persaingan.
 salah satu contoh pelaku ekonomi

Sabtu, 01 Januari 2011

PENYALAHGUNAAN DATA

Data adalah suatu info yang jika digabungkan akan menjadi suatu informasi yang nantinya akan menjadi suatu acuan bagi masyrakat. Belakangan ini banyak orang yang menyalahgunakan data untuk kepentingannya sendiri. Padahal itu sangat merugikan orang lain.

Penyalahgunaan data adalah suatu tindakan yang dilakukan oleh individu atau kelompok yang dimana orang atau kelompok tersebut mengubah atau menyalahgunakan data yang sudah ada menjadi berbeda atau mengada-ada. Contoh yang dilakukan dalam tindak penyalah gunaan data seperti,tindak penyalahgunaan data keuangan dalam perusahaan,misalkan sperti menambah atau mengurangi data keuangan yang telah masuk.Tindakan sperti ini tidak hanya merugikan perusahaan tersebut namun orang lain akan merasakannya juga.

Akibat yang ditimbulkan dari penyalahgunaan data ada banyak diantaranya adalah berbagai tindakan criminal seperti yang dilakukan hacker-hacker untuk menjebol ATM/BANK. Selain itu penyalahgunaan data juga biasanya digunakan untuk tujuan pemalsuan berbagai data seseorang/perusahaan yang jelas sangat merugukan orang lain. Tindakan ini termasuk pelanggaran hukum dan ada sanksi-sanksi yang akan diberikan bila kita melakukannya.

Salah satu contoh penyalahgunaan data. Verizon Business melakukan studi terhadap pencurian data pada sejumlah industri, seperti Retail, Makanan dan Minuman, Pelayanan Jasa Tehnologi dan Pelayanan Jasa Keuangan. Mereka juga memeriksa lebih dari 500 investigasi forensik yang berisi 230 juta catatan selama lebih dari empat tahun.
Studi tersebut menemukan bahwa tiga perempat pencurian data berlanjut pada penyalahgunaan data hanya dalam beberapa hari. Studi tersebut juga menemukan bahwa 63% perusahaan tidak menyadari terjadinya pencurian data sampai beberapa bulan data mereka telah disalahgunakan. Lebih parah lagi, 70% dari data yang dicuri ditemukan oleh pihak ketiga, seperti para pelanggan atau bank, yang artinya kebanyakan perusahaan tidak sadar bahwa data mereka telah disalahgunakan sampai mereka mendapat peringatan dari pihak luar. Dan bahkan sampai kehilangan ditemukan, hampir setengah dari mereka membutuhkan waktu berminggu-minggu untuk membereskan masalah ini, dan hanya 37% yang berhasil membereskan dalam hitungan hari atau jam.
Metode yang paling sering digunakan untuk mencuri data perusahaan adalah dengan melakukan hacking (59%)
Studi tersebut merekomendasikan agar perusahaan memusatkan perhatian terhadap implementasi dasar keamanan data – seperti melakukan pengawasan data log secara aktif dan membuat rencana perlindungan data – sebelum mereka melakukan perlindungan ekstra terhadap hacking yang canggih atau serangan dari malware.
“Penembusan keamanan dan penyalahgunaan dari data yang sensitif adalah hal nyata dan menjadi perhatian pada perusahaan di seluruh dunia, demikian dikatakan Peter Tippett, wakil presiden dari Penelitian dan Intelijen Verizon Business Security Solutions. “Dengan melakukan tindakan tersebut akan menolong perusahaan untuk mengerti pencurian data…dan yang paling penting adalah mendorong organisasi untuk proaktif dalam menjaga keamanan mereka.”

TULISAN 4 MIS KOMUNIKASI

MIS KOMUNIKASI

Berikut adalah contoh mis komunikasi sering ada di kehidupan kita sebagian saya liahat dari iklan di televisi.

Seorang anak SMA lagi negoisasi dengan seorang satpam karena terlambat, hasil negoisasi gagal lalu dia telephon sang mama dan mengatakan , ma… aku telat, sang mama belum sempat bertanya lebih jauh telephon pun terputus.
Selanjutnya seorang ayah sambil menimang-nimang kontak mobil dia telephon pada Istrinya ingin mengabarkan kegembiraannya karena mendapatkan mobil baru, ma… aku dapat yang baru lho… lagi-lagi si mama belum sempat bertanya lebih jauh telephonpun terputus.
Sementara kondisi si mama histeris…. anakku hamil….. suamiku kawin lagii!!!! Teriak sang mama sambil histeris, itulah gambaran salah satu iklan operator seluler di tanah air, bukan bermaksud untuk mempopulerkan iklan tersebut namun itu jugalah gambaran yang terjadi di masyarakat kita saat ini, komunikasi yang terputus.
Kejadian bentrok di makam mbah Priok contohnya, ini adalah salah satu bentuk miskomunikasi, seandainya intelejen jalan pastilah tidak akan terjadi bentrokan separah itu antara satpol PP dan para pendukung ahli waris makam mbah priok.
Seperti saat ini, ada HP juga tidak menjamin komunikasi akan lancar. Bahkan kadang, HP malah menjadi sumber masalah. Contohnya ketika kita terjebak macet, tiba-tiba saja HP kita drop. Padahal pasangan kita sedang menunggu nunggu kedatangan kita… Wah, berabe kan? Kalau kita tidak punya HP mungkin pasangan kita akan lebih sabar atau paling tidak bisa lebih memaklumi. Tapi kalau kita sedang bawa HP, ada kemungkinan dia akan bertanya, “Kok tidak telepon saya?” atau mungkin juga “Kenapa teleponnya matikan?”. Akhirnya kejadian deh!... (Aduh ini bukan kisah pribadi loh!)

Pelajaran lain yang bisa kita ambil adalah kisah paling top saat ini. Dimana banyak artis yang terlibat masalah perceraian. Bisa dibayangkan betapa mahalnya harga sebuah komunikasi. Karena untuk menembus kebuntuan komunikasi itu, mereka harus menggunakan jasa moderator atau pengacara yang kalau dihitung dengan rupiah, bayaranya mungkin bisa untuk beli rumah atau mobil baru bagi orang sekelas kita!

Salah komunikasi atau miskomunikasi itu biasa. Kadang hal itu bisa terjadi karena ketidak-sadaran kita. Sekarang yang perlu diantisipasi adalah bagaimana membuka komunikasi pasca miskomunikasi… Ada beberapa tips/cara untuk itu;

1. Jangan berburuk sangka kepada pasangan kita.

Biasa deh, kalau sudah ada masalah, kita merasa bahwa pasangan kita sudah tidak perhatian lagi atau sudah tidak sayang lagi. Padahal kita sebagai pasangan, pasti punya kontribusi sebagai penyebab pasangan kita berbuat salah. Baiknya sih, introspeksi diri dulu saja sebelum menvonis pasangan kita.

2. Cooling down.

Yang paling enak kalau kita sudah ketemu pasangan kita, yaa…. dibuat rilek saja suasananya. Pura-pura saja tidak ada masalah, walaupun hati dongkol setengah mati. Tapi yakih deh, pasangan kita juga akan cool kalau kitanya sendiri cool. Yang perlu diingat bahwa, jika api ditambah api, bisa jadi kompor mbeleduk. Tapi kalau api dikasih air, pasti bunyi nya Nyessss. Nah tinggal pilih mau yang mana? Mau kompor mbleduk atau bunyi Nyessss?

3. Rela untuk mengalah.

Aduh, rasanya pasti berat! Kadang kalau komunikasi itu sudah cair, kita akan tahu sebab-musabab permasalah itu. Nah…. jadi ketahuan deh dimana miskomunikasinya. Hal ini jangan diartikan untuk apa dan mencari salah siapa. Yang terbaik adalah membuka hati kita seluas-luasnya. Karena kalau hati luas, pikiran kita juga jadi luas dan tidak sempit alias cupet! Insaallah, kita akan terhindar dari emosi sesaat dan cepat sadar bahwa hidup ini akan terus berjalan tanpa harus memperbesar permasalah yang ada. Dan yang terakhir adalah;

4. Berani meminta maaf.

Sepertinya yang ini lebih berat deh,…dari yang sebelumnya! Kalau pinjam istilahnya Aa Gym, tangan diatas lebih baik dari tangan dibawah. Selain dapat diartikan, orang memberi lebih baik dari orang yang meminta. Juga dapat berarti bahwa, orang yang meminta maaf terlebih dahulu, akan mendapat pahala lebih banyak dari orang yang memberi maaf. Apalagi kalau yang meminta maaf itu sebenarnya tidak bersalah, wah…..pahalanya bisa lebih berlipat ganda!

TUGAS 5


1. Sebutkan cara penyusunan warkat yang saudara ketahui !
Jawab:
• penyusunan menurut abjad
• penyusunan menurut subjek
• penyusunan meurut waktu
• penyusunan menurut daerah
• penyusunan menurut nomor urut

2. Untuk jenis warkat wesel, cek, surat pembelian disusun / ditaruh dengan cara apa ?
Jawab: Untuk warkat jenis-jenis tersebut bisa disusun dengan cara system nomor cek, wesel, atau surat pembelian yang ada, disusun dari nomor yang terkecil sampai yang terkecil ataupun sebaliknya. Dengan system tanggal yaitu kapan wesel, cek, surat pembelian itu dikeluarkan. Bisa juga dengan system wilayah, dari dan dimana surat pembelian dikeluarkan.

3. Apa yang anda ketahui tentang RECORD RETENTION SCHEDULE
Jawab: Record Retention Schedule adalah suatu kebijakan yang harus dilakukan penggolongan, pemilihan, distribusi ataupun disposisi dari record untuk menentukan records yang mana yang perlu tetap disimpan untuk selama-lamanya serta jenis-jenis record yang mana dan dalam jangka waktu berapa lama pula perlu dimusnahkan karena sudah tidak diperlukan lagi.

4. Apa yang anda ketahui dengan TABULATING
Jawab: Tabulating adalah proses penyusunan data dalam bentuk-bentuk tabel dan mengatur angka-angka serta menghitungnya.

tugas 4


1.     Jelaskan syarat komunikasi yang baik dan berhasil
JELAS : yaitu diyatakan ke dalam bahasa yang dimengerti oleh si penerima   berita.
TEPAT : dalam hal orang dituju untuk diberi atau informasi ynag perlu disampaikan.
SASARAN : tujuan pemberian berita atau informasi sebaiknya dengan yang diharapkan si pengirim.
2.     Apa yang sebaiknya dilakukan untuk mengatasi penyimpangan data yang efisien dan fleksibel
3.     Cara peyusunan paper/warkat
a.     Beradasarkan abjad
Penyusunan paper perdasarkan abjad ini masih dibagi lagi menjadi beberapa bagian, misalnya berdasarkan :
*nama orang, nama pendaftar, nama mahasiswa dll
*maslah yang akan dibahas, topik yang dibicarakan.
Untuk mempermudah penempatan dan penemuan kembali paper yamg bersangkutan maka sebaiknya dalam tempat penyimpanan paper pada awal nama diselipkan huruf abjad yang sesuai dengan nama depan atau huruf depanya.
b.     Menurut subyek
c.      Menurut nomor
d.     Menurut daerah
e.      Menuruh urutan waktu
4.     Prinsip dalam dari Tata Kerja, Sistem Kerja dan Prosedur Kerja
a.     Tata kerja, prosedure kerja dan sitem kerja harus disusun dengan memperhatikan segi-segi tujuan, fasilitas, material, biaya, dan waktu yang tersedia serta segi luas, macam dan sifat dari tugas atau pekerjaan.
b.     Untuk mempersiapkan hal-hal itu dengan setepat-tepatnya maka haruslah terlebih dahulu dipersiapkan adanyab penjelasan tentang tujuan pokok organisasi, skema, klasifikasi jabatan, analisa jabatan, unsur kegiaan organisasi dan semacamnya.
c.      Pilih salah satu pokok bidang tugas yang akan dibuat bagan prosedurnya.
d.     Selanjutnya harus dibuat dan dijelaskan daftar dari tiap-tiap detail pekerjaan yang harus dilakukan berikut lamanya waktu yang diperlukan untuk melaksanakan bidang tugas yang temaksud
e.      Dalam penetapan tahap-demi tahap dalam rangkaian pekerjaan (misalnya soal prosedur surat keluar ) maka antara tahap yang satu dengan tahap berikutnya harus betul-betul terdapat saling hubungan yang sangat erat yang keseluruhanya menuju ke arah satu tujuan.
f.       Dan tiap-tiap tahap itu harus betul-betul merupakan suatu kerja yang nyata dan perlu untuk pelaksanaan dan penyelesaian seluruh tugas atau pekerjaan yang dimaksud.

Minggu, 14 November 2010

organisasi informal

Organisasi infomal merupakan organisasi yang tercipta karena adanya hubungan antar pribadi yang secara tidak sadar terjadi keberadaannya tanpa didasarkan pada hubungan wewenang formal pada struktur organisasi maupun kesepakatan tujuan bersama.
Alasan utama terbentuknya organisasi informal adalah karena daya kebutuhn-kebutuhan penting yang bersifat manusiawi (human needs) yang harus dipenuhi dan ternyata tidak dapat dipenuhi oleh organisasi formal. Berikut kebutuhan-kebutuhan mendasar terbentuknya organisasi informal :
a. Kebutuhan sosial.
b. Rasa memiliki dan pengenalan diri.
c. Pengetahuan tentang perilaku yang diterima.
d. Perhatian (simpati).
e. Bantuan dalam pencapaian tujuan.
f. Kesempatan berpengaruh dan berkreasi.
g. Pelestarian nilai-nilai budaya.
h. Komunikasi dan informasi.
Dari kebutuha-kebutuhan yang mendasar tersebut maka organisasi informal dimanfaatkan oleh para anggotanya untuk mencapai kebutuhan tersebut.
Menurut Hicks organisasi informal dibedakan menjadi organisasi primer dan organisasi sekunder :
1. Organisasi Primer, organisasi semacam ini menuntut keterlibatan secara lengkap, pribadi dan emosional anggotanya. Mereka berlandaskan ekspektasi rimbal balik dan bukan pada kewajiban yang dirumuskan dengan eksak. Contoh dari organisasi semacam ini adalah keluarga-keluarga tertentu.
2. Organisasi Sekunder, organisasi sekunder memuat hubungan yang bersifat intelektual, rasional, dan kontraktual. Organisasi seperti ini tidak bertujuan memberikan kepuasan batiniyah, tapi mereka memiliki anggota karena dapat menyediakan alat-alat berupa gaji ataupun imbalan kepada anggotanya.
Salah satu contoh organisasi informal adalah , organisasi sosial.Organisasi sosial adalah perkumpulan yang dibentuk olehmasyarakat, baik yang berbadan hukum maupun yang tidak berbadan hukum, yang berfungsi sebagai sarana partisipasi masyarakat dalam pembangunan bangsa dan negara. Sebagaimahluk yang selalu hidup bersama-sama,manusia membentuk organisasi sosial untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu yang tidak dapat mereka capai sendiri.

tugas 3


 MATERI 3
1.     Gaya kepemimpinan
Berdasarakan dua bidang tugas kepemimpinan, dulu orang hanya mengenal dua gaya kepemimpinan yang berorientasi pada tugas dan yang berorientasi kepada manusia. Dari bidang tersebut sekarang du perluas menjadi 4  yaitu:
a.               Kekompakan tinggi dan kerja rendah
b.              Kerja tinggi dan kekompakan rendah
c.               Kerja tinggi dan kekompakan tinggi
d.              Kerja rendah dan kekompakan rendah

2.     Manfaat dari organisasi informal
Adapun alasan utama terbentuknya organisasi informal adalah karena daya kebutuhn-kebutuhan penting yang bersifat manusiawi (human needs) yang harus dipenuhi dan ternyata tidak dapat dipenuhi oleh organisasi formal. Berikut kebutuhan-kebutuhan mendasar terbentuknya organisasi informal :
a.     Kebutuhan sosial.
b.     Rasa memiliki dan pengenalan diri.
c.      Pengetahuan tentang perilaku yang diterima.
d.     Perhatian (simpati).
e.      Bantuan dalam pencapaian tujuan.
f.       Kesempatan berpengaruh dan berkreasi.
g.     Pelestarian nilai-nilai budaya.
h.     Komunikasi dan informasi.
Dari kebutuha-kebutuhan yang mendasar tersebut maka organisasi informal dimanfaatkan oleh para anggotanya untuk mencapai kebutuhan tersebut.
3.     Beberapa jenis bagan struktur organisasi
a.     Model tradisional
Bentuk umum model struktur tradisional secara essensial adalah pyramid. Masing-masing tingkatan hirarkis mengambarkan segmen struktur dan hubungan-hunbungan pekerjaan atasan-bawahan. Bentuk umum struktur organisasi model tradisional ini akan berbeda untuk jenis operasi perusahaan yang berbeda pula. Struktur model ini akan efisien dalam kondisi lingkungan yang stabil bila asumsi-asumsi yang berkaitan dengan sikap dan kemampuan para angota sebagai landasan bentuk strukturnya adalah akurat.
b.     Model hubungan manusiawi.
Model manusiawi secara ekspilsit mengakui bahwa orang tidaklah selalu bertindak persis segaris dengan posisi-posisi dan hubungan-hubungan menurut struktur formalnya, walaupun model hubungan manusiawi mengungkapkan ketidak sempurnaan tersebut tetapi struktur hubungan manusiawi tidak menyarankan struktur formalnya dimodifykasi.
c.      Model sumber daya manusia.
Konsep model sumber daya manusia mencoba memaksimumkan fleksibilitas baik dalam maupun di antara posisi-posisi yang berinteraksi.
Tata Kerja
Merupakan  cara melaksanakan suatu pekerjaan dengan benar dan berhasil guna atau bisa mencapai tingkat efisien yang maksimal.

Prosedur Kerja
Merupakan tahapan dalam tata kerja yang harus dilalui suatu pekerjaan baik mengenai dari mana asalnya dan mau menuju mana,kapan pekerjaan tersebut harus harus diselesaikan maupun alat apa yang harus digunakan agar pekerjaan itu dapat diselesaikan.

Sistem Kerja
Merupakan susunan antara tata kerja dengen prosedur yang menjadi satu sehingga membentuk suatu pola tertentu dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

Entri Populer

Ana na...na... Slideshow: Ana’s trip to Jakarta, Java, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Jakarta slideshow. Take your travel photos and make a slideshow for free.
 

HELLO AKU ANA. Design By: SkinCorner