Minggu, 14 November 2010

organisasi informal

Organisasi infomal merupakan organisasi yang tercipta karena adanya hubungan antar pribadi yang secara tidak sadar terjadi keberadaannya tanpa didasarkan pada hubungan wewenang formal pada struktur organisasi maupun kesepakatan tujuan bersama.
Alasan utama terbentuknya organisasi informal adalah karena daya kebutuhn-kebutuhan penting yang bersifat manusiawi (human needs) yang harus dipenuhi dan ternyata tidak dapat dipenuhi oleh organisasi formal. Berikut kebutuhan-kebutuhan mendasar terbentuknya organisasi informal :
a. Kebutuhan sosial.
b. Rasa memiliki dan pengenalan diri.
c. Pengetahuan tentang perilaku yang diterima.
d. Perhatian (simpati).
e. Bantuan dalam pencapaian tujuan.
f. Kesempatan berpengaruh dan berkreasi.
g. Pelestarian nilai-nilai budaya.
h. Komunikasi dan informasi.
Dari kebutuha-kebutuhan yang mendasar tersebut maka organisasi informal dimanfaatkan oleh para anggotanya untuk mencapai kebutuhan tersebut.
Menurut Hicks organisasi informal dibedakan menjadi organisasi primer dan organisasi sekunder :
1. Organisasi Primer, organisasi semacam ini menuntut keterlibatan secara lengkap, pribadi dan emosional anggotanya. Mereka berlandaskan ekspektasi rimbal balik dan bukan pada kewajiban yang dirumuskan dengan eksak. Contoh dari organisasi semacam ini adalah keluarga-keluarga tertentu.
2. Organisasi Sekunder, organisasi sekunder memuat hubungan yang bersifat intelektual, rasional, dan kontraktual. Organisasi seperti ini tidak bertujuan memberikan kepuasan batiniyah, tapi mereka memiliki anggota karena dapat menyediakan alat-alat berupa gaji ataupun imbalan kepada anggotanya.
Salah satu contoh organisasi informal adalah , organisasi sosial.Organisasi sosial adalah perkumpulan yang dibentuk olehmasyarakat, baik yang berbadan hukum maupun yang tidak berbadan hukum, yang berfungsi sebagai sarana partisipasi masyarakat dalam pembangunan bangsa dan negara. Sebagaimahluk yang selalu hidup bersama-sama,manusia membentuk organisasi sosial untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu yang tidak dapat mereka capai sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar

Entri Populer

Ana na...na... Slideshow: Ana’s trip to Jakarta, Java, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Jakarta slideshow. Take your travel photos and make a slideshow for free.
 

HELLO AKU ANA. Design By: SkinCorner