Minggu, 14 November 2010

tugas 3


 MATERI 3
1.     Gaya kepemimpinan
Berdasarakan dua bidang tugas kepemimpinan, dulu orang hanya mengenal dua gaya kepemimpinan yang berorientasi pada tugas dan yang berorientasi kepada manusia. Dari bidang tersebut sekarang du perluas menjadi 4  yaitu:
a.               Kekompakan tinggi dan kerja rendah
b.              Kerja tinggi dan kekompakan rendah
c.               Kerja tinggi dan kekompakan tinggi
d.              Kerja rendah dan kekompakan rendah

2.     Manfaat dari organisasi informal
Adapun alasan utama terbentuknya organisasi informal adalah karena daya kebutuhn-kebutuhan penting yang bersifat manusiawi (human needs) yang harus dipenuhi dan ternyata tidak dapat dipenuhi oleh organisasi formal. Berikut kebutuhan-kebutuhan mendasar terbentuknya organisasi informal :
a.     Kebutuhan sosial.
b.     Rasa memiliki dan pengenalan diri.
c.      Pengetahuan tentang perilaku yang diterima.
d.     Perhatian (simpati).
e.      Bantuan dalam pencapaian tujuan.
f.       Kesempatan berpengaruh dan berkreasi.
g.     Pelestarian nilai-nilai budaya.
h.     Komunikasi dan informasi.
Dari kebutuha-kebutuhan yang mendasar tersebut maka organisasi informal dimanfaatkan oleh para anggotanya untuk mencapai kebutuhan tersebut.
3.     Beberapa jenis bagan struktur organisasi
a.     Model tradisional
Bentuk umum model struktur tradisional secara essensial adalah pyramid. Masing-masing tingkatan hirarkis mengambarkan segmen struktur dan hubungan-hunbungan pekerjaan atasan-bawahan. Bentuk umum struktur organisasi model tradisional ini akan berbeda untuk jenis operasi perusahaan yang berbeda pula. Struktur model ini akan efisien dalam kondisi lingkungan yang stabil bila asumsi-asumsi yang berkaitan dengan sikap dan kemampuan para angota sebagai landasan bentuk strukturnya adalah akurat.
b.     Model hubungan manusiawi.
Model manusiawi secara ekspilsit mengakui bahwa orang tidaklah selalu bertindak persis segaris dengan posisi-posisi dan hubungan-hubungan menurut struktur formalnya, walaupun model hubungan manusiawi mengungkapkan ketidak sempurnaan tersebut tetapi struktur hubungan manusiawi tidak menyarankan struktur formalnya dimodifykasi.
c.      Model sumber daya manusia.
Konsep model sumber daya manusia mencoba memaksimumkan fleksibilitas baik dalam maupun di antara posisi-posisi yang berinteraksi.
Tata Kerja
Merupakan  cara melaksanakan suatu pekerjaan dengan benar dan berhasil guna atau bisa mencapai tingkat efisien yang maksimal.

Prosedur Kerja
Merupakan tahapan dalam tata kerja yang harus dilalui suatu pekerjaan baik mengenai dari mana asalnya dan mau menuju mana,kapan pekerjaan tersebut harus harus diselesaikan maupun alat apa yang harus digunakan agar pekerjaan itu dapat diselesaikan.

Sistem Kerja
Merupakan susunan antara tata kerja dengen prosedur yang menjadi satu sehingga membentuk suatu pola tertentu dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

0 komentar:

Posting Komentar

Entri Populer

Ana na...na... Slideshow: Ana’s trip to Jakarta, Java, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Jakarta slideshow. Take your travel photos and make a slideshow for free.
 

HELLO AKU ANA. Design By: SkinCorner