Softskill adalah seperangkat kemampuan yang mempengaruhi bagaimana kita berinteraksi dengan orang lain. Soft skills memuat komunikasi efektif, berpikir kreatif dan kritis, membangun tim, serta kemampuan lainnya yang terkait kapasitas kepribadian individu. Tujuan dari pelatihan soft skills adalah memberikan kesempatan kepada individu untuk untuk mempelajari perilaku baru dan meningkatkan hubungan antar pribadi dengan orang lain. Soft skills memiliki banyak manfaat, misalnya pengembangan karir serta etika profesional. Dari sisi organisasional, soft skills memberikan dampak terhadap kualitas manajemen secara total, efektivitas institusional dan sinergi inovasi. Esensi soft skills adalah kesempatan. Lulusan memerlukan soft skills untuk membuka dan memanfaatkan kesempatan.
softskill adalah sesuatu yang sangat penting. Hanya saja bagaimana strategi agar softskill ini menjadi bagian dari aktivitas kampus atau perkuliahan. Dalam hal ini menurut Patrick S. O’Brien dalam bukunya Making College Count, soft skill dalam masa perkuliahan dapat dikategorikan ke dalam 7 area yang disebut Winning Characteristics, yaitu,
o communication skills,
o organizational skills,
o leadership,
o logic,
o effort,
o group skills, dan
o ethics.
PEMAHAMAN SOFT SKILL
• Pengembangan soft skill di perguruan tinggi
• berdasarkan hasil jajak pendapat, kompetensi yang diperlukan dunia kerja ada 2 aspek yaitu : aspek teknis dan non teknis
• Aspek teknis berhub dengan ltr blk keahlian atau kebutuhan yg diperlukan di dunia kerja
• Aspek non teknis mencakup motivasi, adaptasi, komunikasi,kerjasama,problem solving,manajemen stress dan kepemimpinan
Aspek non teknis dilapangan
• Dapat bekerjasama
• Mampu menghadapi pekerjaan yang mendesak
• Mampu berkomunikasi secara lisan dan tulisan
• Mampu bekerja di bawah tekanan
• Memiliki urgent sense of services
• Mampu beradaptasi
• Memiliki inisiatif dengan sikap dan integritas pada pekerjaan
• Jujur inovatif dan kreatif
• Mampu bekerja mandiri, sediki bimbingan
• Memiliki jiwa kepemimpinan yang baik
• Bertanggung jawab dan memiliki komitmen thd pekerjaan
• Memiliki motivasi dan antusiasme dalam bekerja ( illah sailah)
Data survey aspek non teknis
• Mau bekerja keras
• Kepercayaan diri tinggi
• Mempunyai visi ke depan
• Bisa bekerjasama dalam tim
• Memiliki kepercayaan yang matang
• Mampu berpikir analitis
• Mampu beradaptasi
• Mampu bekerja dalam tekanan
• Cakap berbahasa ingris
• Mampu mengorganisir pekerjaan( tempo,2007)
PT vs DUNIA KERJA
• PT: lulusan yang high competence adalah lulusan dengan IPK tinggi dan lulus dalam waktu yang cepat
• Dunia usaha: high competence yaitu mereka yang memiliki kemampuan dalam aspek teknis dan non teknis
Kenyataan di lapangan
• Salah satu permasalahan klasik yang sering terdengar adalah keluhan bahwa lulusan perguruan tinggi ternyata tidak memenuhi kualifikasi yang diharapkan oleh dunia pekerjaan. Keluhannya adalah bahwa lulusan perguruan tinggi umumya memiliki karakteristik sebagai berikut :kurang tangguh, tidak jujur, cepat bosan, tidak bisa bekerja teamwork, minim kemampuan berkomunikasi lisan dan menulis laporan dengan baik. Selain itu keluhan yang juga sering muncul dari para pelaku dunia kerja adalah ungkapan-ungkapan sebagai berikut : “pintar sih pintar tapi kok gak bisa bekerja sama dengan orang lain” atau “jago sih bikin konsep, namun sayangnya tidak bisa meyakinkan ide hebat itu pada orang lain”, atau “baru teken kontrak 1 tahun tapi sudah mundur, kurang tahan banting,
• Lulusan kurang tahan banting
• Kurang cakap bernegosiasi
• Muntaber
• Kurang percaya diri
• Tidak bisa menjual diri
Kenyataan di PT
• Dalam hal ini ada kecenderungan bahwa apa yang diberikan di bangku kuliah tidak sepenuhnya sesuai dengan kebutuhan di lapangan kerja. Dan gap itu adalah softskill. Kemampuan nonteknis yang tidak terlihat wujudnya (intangible) namun sangat diperlukan itulah prinsipnya yang disebut dengan softskill. Menurut penelitian di Eropa, kesuksesan seseorang di dunia kerja 80% ditentukan oleh kemampuan softskill dan 20% kemampuan hardskill
Upaya peningkatan
• Kesertaan dalam organisasi
• pelatihan dan seminar
• Pkl
• KKN
• Program DIKTI
REFERENSI : widhiarso.staff.ugm.ac.id/files/makalah_soft_skills.pdf
0 komentar:
Posting Komentar