Sabtu, 17 Maret 2012

MAKANAN KHAS INDONESIA


OPOR AYAM
 
Indonesia kayak akan kuliner yang lezatnya loh, karena Indonesia kaya akan rempah-rempah, salah satu kuliner khas Indonesia adalah opor ayam, opor ayam ini biasanya menjadi menu utama pada saat hari raya, tidak sulit menemukan makanan ini pada saat hari raya hamper di setiap rumah kita dapat menemukanya, opor ayam biasa di sajikan bersama lontong, cara membuatnya putidak sulit, selama kita membuatnya di Indonesia bumbu-bumbu yang kita butuhkan sangatlah mudah kita dapatkan.

Untuk membuat opor ayam di perlukan bahan bahan sebagai berikut, Sedikan Ayam 1 ekor ukuran sedang, Santan cair 1 liter, Santan kental, 1/2 liter, Sereh, 1 batang, dan dimemarkan, Daun salam, 2 lembar, Daun jeruk purut, 2 lembar.
Sementara untuk bumbu yang di haluskan, Bawang merah, 8 siung, Bawang putih, 4 siung, Ketumbar, 1 sdt, Jinten, 1/2 sdt, Lengkuas, 1/2 jari, Kemiri, 5 buah, Lada, garam dan gula secukupnya,Kunyit 1 siung.

Setalah semua bahan di siapkan mula-mula Ayam dibersihkan, potong-potong menurut selera, cuci dan bersihkan, kemudian Tumis bumbu yang dihaluskan sampai baunya harum, tambahkan daun salam, sere dan beri sedikit vitsin, untuk kunyit boleh digunakan boleh tidak, kunyit hanya sebagai pewarna alami pada opor agar terlihat kekuning-kuningan,lalu Ayam dimasukkan ke dalam tumisan tadi aduk sampai rata, biarkan sampai layu, tambahkan santan encer. Tunggu hinnga surut air santanya setelah agak surut tambahkan santan kental, bila sudah empuk baru diangkat, lalu sajikan dengan tambahan lontong,ketupat atau nasi,bawang goreng dan kerupuk, selamat mencoba :)


1 komentar:

Sofiati Hasna mengatakan...

Hello Ana...tolong disebutkan sumbernya dan koreksilah penulisan kata-kata pada tulisan Anda ini.

Posting Komentar

Entri Populer

Ana na...na... Slideshow: Ana’s trip to Jakarta, Java, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Jakarta slideshow. Take your travel photos and make a slideshow for free.
 

HELLO AKU ANA. Design By: SkinCorner