Sabtu, 10 Maret 2012

HARDSKILL


Pada artikel sebelumnya saya telah menjelaskan apa itu softskill dan sekarang saya akan jelaskan apa itu hardskill.
Perbedaan antara softskill dengan hardskill :
Softskill : merupakan suatu keterampilan dalam analisis secara nalar, rasional,kronologis dan aplikatif (jelas implementasinya)
Hardskill : sebuah keterampilan dalam mengambil tindakan yang tepat atas apa yang telah di pelajari, tahu cara melakukanya, tahu cara mengaplikasikanya, tsesuai dengan bidang dan kapasitas  masing-masing individu.
Baik hard skill maupun soft skill dua-duanya sangatlah penting, karena manusia pasti berinteraksi dengan manusia lain, baik di pekerjaan, di sekolah atau kuliah, di toko maupun pasar.
Menurut Ramdhani (2008) Soft skill sering juga disebut keterampilan lunak adalah keterampilan yang digunakan dalam berhubungan dan bekerjasama dengan orang lain. Secara garis besar keterampilan ini dapat dikelompokkan ke dalam:
1. Process Skills
2. Social Skills
3. Generic Skills

Dengan demikian dapat disimpulkan :
Hard skill adalah penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan ketrampilan teknis yang berhubungan dengan bidang ilmunya. Sedangkan soft skill adalah ketrampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain (termasuk dengan dirinya sendiri). Semua profesi membutuhkan keahlian (hard skill) tertentu akan tetapi semua profesi memerlukan soft skill

0 komentar:

Posting Komentar

Entri Populer

Ana na...na... Slideshow: Ana’s trip to Jakarta, Java, Indonesia was created by TripAdvisor. See another Jakarta slideshow. Take your travel photos and make a slideshow for free.
 

HELLO AKU ANA. Design By: SkinCorner